Visi dan Misi

VISI DAN MISI DINAS PANGAN DAN PERTANIAN KOTA TANJUNGBALAI

a.Visi

”Terwujudnya Pangan Masyarakat yang Mandiri Melalui Pertanian Produktif Dan Inovatif Berbasis Sumber Daya Lokal Yang Dimiliki, Menuju Masyarakat Berkualitas Dan Sejahtera”

  1. Pangan adalah segala sesuatu yang berasal dari sumber hayati dan iar, baik yang diolah maupun yang tidaj diolah, yang diperuntukkan sebagai makanan atau minuman bagi konsumsi manusia, termasuk bahan tambahan pangan, bahan baku pangan dan bahan lain yang digunakan dalam proses penyiapan, pengolahan dan atau pembuatan makanan atau minuman.
  2. Mandiri adalah kemampuan untuk terus maju dengan bertumpu pada kekuatan dan daya inovasi masyarakat dan daerah.
  3. Produktif adalah bahwa setiap sektor ketahanan pangan, pertanian, perkebunan dan peternakan dilakukan dengan kemampuan maksimal untuk menghasilkan output  yang maksimal.
  4. Inovatif adalah bahwa setiap sektor ketahanan pangan, pertanian, perkebunan, peternakan dilakukan dengan mendayagunakan segala pemikiran, kemampuan imajinasi, berbagi sitimulan, dan individu yang mengelilinginya dalam menghasilkan produk baru, baik bagi masyarakat atau pun lingkungannya.
  5. Berbasis sumberdaya lokal adalah dalam pelaksanaan pembangunan ketahanan pangan, pertanian, perkebunan, dan peternakan harus berdasarkan sumber daya yang dimiliki oleh masyarakat, yang membangun adalah masyarakat, dan hasilnya ditunjukkan kepada masyarakat.
  6. Berkualitas adalah masyrakat yang konperhensip dalam berpikir dan selalu mengantisipasi tuntutan di masa depan, memiliki sikap positif, berperilaku terpuji, dan berwawasan, serta memiliki kemampuan, keterampilan, dan keahlian yang sesuai dengan kebutuhan di berbagai bidang dan sektor pembangunan.
  7. Sejahtera, adalah terciptanya kondisi masyarakat yang makmur, aman, dan nyaman serta merata dari segala aspek ekonomi, sosial, politik, hukum, dan keamanan.

 

b.Misi

  1. Meningkatkan kondisi ketahanan pangan masyarakat dan daerah.
  2. Meningkatkan produksi , produktivitas, dan mutu hasil pertanian, perkebunan dan peternakan yang efektif dan efisiensi melaului dukungan sarana produksi, swasembada pangan dan sasembada berkelanjutan
  3. Meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan kesejahteraan masyarakat.